5 Tips Penting Dalam Melakukan Pengemasan Paket ke Luar Negeri

Pengemasan paket yang akan dikirim ke luar negeri harus diperhatikan dengan baik guna mencegah risiko paket rusak atau cacat selama perjalanan. Meskipun Anda memakai jasa pengiriman paket yang terpercaya, tapi Anda harus tetap melakukan packing memakai bahan yang aman. Pihak ekspedisi akan menolak paket yang dikemas secara sembarangan atau membantu Anda melakukan double packing untuk pengiriman skala internasional.

Read More

Cara Packing Paket ke Luar Negeri

Supaya Anda bisa mengirim paket ke luar negeri lebih aman bebas dari risiko rusak saat terjatuh, tertumpuk atau terkena goncangan, maka simak beberapa tips penting berikut :

1. Mengenali karakter barang yang akan dikirim

Bila barang tergolong paket elektronik, barang pecah belah atau memiliki material lembut yang sesuai regulasi, maka gunakan pelapis kayu setelah membungkus produk dengan bubble wrap dan foam.

2. Penataan barang serapi mungkin

Bila barang yang Anda kirim dalam bentuk pakaian yang aman dibungkus dengan plastik atau bubble wrap, maka barang yang masuk kategori lain yang rentan rusak bila memiliki sekat dalam kotak harus disusun serapi mungkin. Penataan satuan barang yang rapi dan teratur bisa mencegah barang kocak atau rusak selama proses pengiriman.

3. Pilih bubble wrap terbaik

Supaya paket yang Anda kirim bisa sampai tanpa cacat, maka pastikan melakukan pelapisan paket dengan bubble wrap yang berkualitas. Bisa memilih bubble wrap bening atau hitam sesuai dengan kebutuhan, tapi pastikan ukuran dan ketebalan gelembung pas. Untuk bagian barang yang lebih rentan rusak atau pecah, Anda bisa menambahkan gelembung ekstra.

4. Memakai kardus atau karton yang tebal

Jangan lupa untuk menggunakan kardus atau karton tebal sebagai pembungkus paket yang sudah Anda lapisi dengan bubble wrap tersebut. Lakban kotak secara menyeluruh untuk memastikan paket benar-benar aman dan tidak ada risiko terjatuh saat diangkat atau ditumpuk dengan paket lain di kontainer atau penerbangan udara.

5. Menggunakan bahan anti air

Untuk menjamin keamanan paket selama pengiriman, Anda juga bisa melapisi paket dengan bahan yang anti air. Bisa memakai pembungkus plastik atau selotip bening yang bisa melapisi tulisan nama dan alamat, tapi tetap terbaca dengan jelas.

Jangan lupa untuk mendokumentasikan bentuk paket sebelum masuk ke bagian ekspedisi, lalu bisa dikirim ke luar negeri lebih aman. Bila terjadi risiko paket tidak sesuai dengan dokumentasi, Anda bisa mengajukan komplain ke pihak ekspedisi terkait atau mencegah risiko penipuan online yang dilakukan oknum penerima.

Packing yang baik tidak hanya berlaku untuk Anda yang mengirim paket melalui jasa pengiriman paket ke luar negeri. Namun, supplier atau rekan Anda yang berencana mengirim paket impor wajib melakukan packing yang sama. Jasa pengiriman Singapore ke Indonesia akan membantu mengirimkan paket yang aman sampai tujuan tanpa risiko kerusakan, asal pengirim memperhatikan tips pengemasan paket antar negara yang baik.

Sumber

https://blog.shipper.id/tips/pengiriman-barang-dagangan-ke-luar-negeri/

https://www.fastpay.co.id/blog/cara-kirim-paket-luar-negeri-paling-cepat-dan-aman.html

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *