5 Tips Posisi Menyusui yang Benar dan Terasa Nyaman

  • Whatsapp

Menyusui akan menjadi sebuah momen yang sangat berharga bagi ibu juga bayi. Agar perjalanan menyusui ini bisa terasa nyaman baik bagi ibu dan bayi, maka dibutuhkan tips posisi menyusui yang benar. Dengan posisi yang tepat maka ibu akan merasa nyaman sehingga ASI bisa keluar lancar. Sementara itu si bayi juga akan merasa nyaman selama menyusu dan tidak rewel.

Read More

Posisi Menyusui yang Tepat

Ada beberapa pilihan posisi yang bisa digunakan oleh ibu ketika menyusui. Tinggal disesuaikan saja mana posisi yang paling nyaman. Pastikan tubuh sang ibu bisa rileks selama menyusui sehingga tidak pegal dan bisa menyusui sampai si kecil merasa puas. Berikut ini adalah 5 tips posisi menyusui yang disarankan dan bisa membuat ibu serta bayi merasa nyaman:

1. Sandarkan Punggung

Pilihan posisi pertama yang bisa diterapkan ibu ketika menyusui adalah posisi punggung bersandar. Posisi ini juga biasa disebut laid-back breastfeeding dan menjadi pilihan posisi alami yang umum dilakukan saat menyusui si kecil. Carilah sandaran punggung yang nyaman dan ketinggiannya pas. Dengan menyandarkan punggung, tubuh ibu biasanya akan jadi lebih rileks.

Setelah duduk nyaman dengan punggung bersandar, segera posisikan bayi. Perut bayi sebaiknya berada di bawah dada dan kepala bayi sejajar dada. Tetaplah rileks dan jangan kaku agar bayi juga bisa merasa nyaman saat menyusu. Pastikan sandaran cukup empuk agar tidak meninggalkan rasa sakit pada punggung.

2. Gunakan Teknik Cradle Hold

Ibu menyusui juga bisa mencoba teknik cradle hold agar bisa merasa nyaman selama memberikan ASI untuk si kecil. Cradle hold merupakan posisi dimana tubuh bayi akan ditopang oleh salah satu tangan sang ibu. Jadi tubuh bayi yang mungil akan berbaring dengan nyaman di salah satu lengan ibu. Pastikan untuk tetap rileks agar bayi bisa nyaman di pelukan tangan Anda.

3. Terapkan Cross Cradle Hold

Selain cradle hold ada teknik lain yang juga cocok untuk diterapkan saat menyusui yaitu cross cradle hold. Ini merupakan posisi menyusui yang hampir sama seperti cradle hold. Hanya saja tangan yang dipakai untuk menopang tubuh bayi berlawanan dengan posisi payudara yang digunakan untuk menyusui. Posisi ini lebih direkomendasikan untuk menyusui bayi yang baru saja lahir atau newborn.

4. Cobalah Posisi Side Lying

Tips posisi menyusui yang benar berikutnya adalah dengan mencoba posisi side lying. Posisi ini akan terasa sangat nyaman bagi ibu menyusui juga bagi bayi. Ibu dan bayi akan sama-sama berbaring sehingga tubuh benar-benar rileks. Cocok sekali diterapkan ketika ibu sudah merasa kelelahan.

Posisi menyusui side lying ini juga sangat direkomendasikan bagi ibu yang melahirkan dengan metode operasi caesar atau c-section. Namun, pastikan untuk berhati-hati saat menerapkan posisi menyusui ini. Pastikan hidung bayi tidak tertutup dan jangan membiarkan bayi tertidur ketika menyusu karena ada risiko tersedak.

5. Coba Posisi Football Hold

Pilihan posisi berikutnya yang juga cocok diterapkan adalah football hold. Ibu akan mengapit bayi di salah satu sisi tubuh tepatnya di bagian bawah lengan. Cocok sekali diterapkan bagi ibu yang memiliki ukuran payudara relatif besar. Selain itu posisi ini juga cocok diterapkan ketika ibu harus menyusui anak kembar sekaligus jadi bisa diapit di sisi kanan dan kiri.

Itulah tadi 5 tips posisi menyusui yang benar sekaligus nyaman bagi ibu maupun bayi. Pastikan untuk menjaga tubuh tetap rileks agar ASI bisa keluar dengan lancar. Jadikan momen menyusui ini sebagai kesempatan untuk menjalin ikatan atau bonding dengan buah hati tercinta.

Sumber:

https://hellosehat.com/parenting/bayi/menyusui/posisi-menyusui-yang-benar/

https://hellosehat.com/parenting/bayi/menyusui/apa-itu-menyusui/

https://www.orami.co.id/magazine/posisi-menyusui-bayi-baru-lahir/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *