7 Penyebab Kanker Serviks yang Wajib Anda Ketahui

  • Whatsapp

vaksin-dewasa
Anda pasti sering mendengar kasus kematian wanita di seluruh dunia akibat kanker serviks. Di Indonesia, kasus kanker serviks baru mencapai angka 32.469 jiwa pada tahun 2018. Wanita masih minim wawasan dan kepedulian terkait bahaya kanker serviks sehingga kasus terdeteksi saat kondisi kanker sudah parah. Penting sekali untuk melakukan vaksin dewasa anjuran yang bisa mencegah risiko terkena kanker serviks yaitu vaksinasi HPV.

Penyebab kanker serviks pada wanita

Pemberian vaksin HPV sejak usia dini bisa menekan risiko wanita muda terkena kanker serviks. Vaksin HPV bisa diberikan pada wanita sejak usia 11 atau 12 tahun termasuk wanita dewasa yang ingin mencegah penularan kanker akibat Human Papilloma Virus ini. Supaya Anda bisa bebas dari risiko kanker, sebaiknya ketahui penyebab kanker serviks pada wanita berikut :

Read More

1. Aktivitas seks tidak sehat

Ada beberapa faktor yang menyebabkan wanita lebih mudah tertular virus HPV yang menyebabkan kanker serviks yaitu suka gonta ganti pasangan, melakukan seks usia dini, dan memiliki pasangan seksual yang memiliki infeksi HPV.

2. Kebiasaan merokok

Penyebab wanita lebih rentan mengalami kanker mulut rahim adalah kebiasaan merokok. Zat pada tembakau dipercaya bisa merusak DNA sel leher rahim hingga potensi kanker serviks meningkat dua kali lipat.

3. Memiliki riwayat penyakit HIV atau autoimun

Wanita yang memiliki riwayat penyakit HIV memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun. Daya tahan tubuh yang lemah sangat berpotensi meningkatkan inovasi prakanker menjadi kanker yang ganas. Penderita autoimun juga memiliki risiko terkena infeksi HPV karena daya tahan tubuh tidak bisa menghancurkan sel kanker sebaik mungkin.

4. Infeksi Chlamydia

Vaksin dewasa bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin membentuk antibodi dari serangan infeksi HPV. Apalagi Anda yang memiliki risiko infeksi bakteri Chlamydia yang berpotensi menyebabkan infertilitas. Bakteri Chlamydia bisa membantu HPV tumbuh dan berkembang di leher rahim sehingga berkembang menjadi kanker serviks yang berbahaya.

5. Konsumsi pil KB dalam jangka waktu panjang

Penyebab kanker serviks bisa disebabkan oleh konsumsi pil KB dalam waktu yang lama. Hal ini sudah dibuktikan lewat penelitian ahli terkait peningkatan risiko kanker serviks pada wanita yang mengkonsumsi kontrasepsi oral. Sebaiknya wanita memilih metode kontrasepsi yang tepat sesuai dengan anjuran dokter.

6. Kehamilan usia muda

Wanita yang hamil pada usia dibawah 20 tahun memiliki risiko terpapar virus HPV lebih tinggi dibandingkan wanita hamil diatas usia 25 tahun.

7. Faktor genetik

Wanita yang lahir dalam keluarga dengan riwayat kanker serviks jelas memiliki potensi mengalami penyakit yang sama. Perlu melakukan pemeriksaan dini dengan skrining kanker serviks seperti tes Pap dan tes HPV untuk mengetahui kondisi kesehatan serviks.

Ada pula penelitian yang menyebutkan bahwa wanita yang melakukan program diet rendah buah dan sayuran berpotensi tidak mampu menangkal serangan virus HPV. Tubuh kekurangan antioksidan, karotenoid, flavonoid, dan folat yang bisa mencegah radikal bebas dan paparan penyakit berbahaya. Selalu terapkan gaya hidup sehat agar Anda terhindar dari risiko kanker serviks yang menjadi pembunuh wanita nomor dua di Indonesia.

Gunakan fitur Halodoc untuk konsultasi kesehatan gratis

Anda bisa melakukan konsultasi gratis dengan dokter terpercaya di Halodoc terkait pertanyaan dan tips kesehatan organ reproduksi wanita. Untuk Anda yang tertarik melakukan vaksinasi HPV, bisa mencari informasi lewat fitur cari dokter dan rumah sakit yang menyediakan layanan tersebut. Vaksin dewasa yang efektif mencegah diri terpapar virus HPV yang berpotensi menjadi kanker serviks, kenapa tidak?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *