Beragam Pilihan Bahan Kayu untuk Membuat Tempat Tidur

Keberadaan tempat tidur di dalam rumah menjadi salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan. Tempat untuk tidur yang nyaman sama pentingnya dengan adanya kasur di dalam rumah. Anda dapat beristirahat dengan tenang dan nyenyak apabila tidur di atas tempat yang didesain sesuai dengan keinginan Anda dan menggunakan material terbaik.

Salah satu material yang umum digunakan untuk membuat tempat tidur adalah kayu. Nyatanya ada berbagai macam jenis kayu yang dapat digunakan seperti kayu jati, kayu pinus, hingga jenis-jenis kayu olahan modern kekinian. Semuanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Kayu Solid

Jenis kayu ini merupakan jenis kayu primadona yang paling banyak disukai oleh masyarakat. Meski harganya cenderung paling mahal, namun hal ini sejalan dengan kualitas yang Anda dapatkan. Kayu solid biasanya menggunakan kayu jati, kayu pinus, mahoni, sungkai dan juga kayu oak. Keunggulan kayu solid adalah memiliki daya tahan yang sangat baik dengan durabilitas tinggi.

Masa pakai kayu solid bisa mencapai hingga puluhan tahun. Apalagi kayu jati bahkan bisa mencapai 20 tahun lebih. Kayu solid seperti kayu jati secara alamiah tahan terhadap serangan serangga seperti rayap dan juga anti jamur. Kekurangan kayu ini adalah bobotnya yang cukup berat sehingga sulit dipindahkan.

Kayu Medium Density Fiberboard (MDF)

Salah satu jenis kayu yang kini sangat populer digunakan untuk membuat ranjang tidur adalah kayu berjenis mdf. Kayu ini sebenarnya bukanlah kayu asli seperti halnya jati, pinus dan lainnya. Kayu ini merupakan kayu olahan yang didapat dari pemadatan serpihan kayu. Permukaan kayu MDF cukup halus dengan serat kayu yang juga padat. Keunggulan kayu MDF adalah harga lebih murah dan juga lebih ringan ketika dipindahkan.

Kekurangan kayu berjenis MDF adalah karakteristiknya yang lebih mudah berjamur. Hal ini mengingat kayu satu ini memiliki sifat mudah menyerap air termasuk kelembaban di sekitarnya. Oleh karena itu tempat ranjang tidur yang dibuat dari bahan kayu MDF akan memiliki masa pakai jauh di bawah kayu solid seperti jati dan sebagainya.

Kayu Plywood

Kayu plywood atau lebih dikenal oleh masyarakat sebagai kayu tripleks merupakan salah satu jenis material yang digunakan untuk membuat tempat ranjang tidur. Kayu ini memiliki keunggulan berupa harga yang lebih murah dan juga jauh lebih ringan ketimbang kayu solid. Hal ini mengingat plywood sejatinya hanyalah lapisan kayu yang disusun-susun dan kemudian direkatkan dengan cara dimampatkan di tekanan tinggi sehingga bobotnya menjadi lebih ringan.

Fleksibilitas plywood lebih baik ketimbang kayu solid yang cukup rigid dan keras. Sehingga Anda lebih mudah menemukan tempat ranjang tidur yang terbuat dari bahan plywood memiliki desain melengkung yang unik. Untuk daya serap terhadap air, plywood masih lebih baik ketimbang MDF karena lebih bersifat anti air.

Kayu Particle Board

Kayu berjenis particle board menjadi salah satu jenis kayu yang umum digunakan untuk membuat tempat tidur. Jenis kayu ini dibuat dari pemadatan sisa gergaji kayu, serpihan kayu, hingga potongan kayu kecil yang digabungkan. Kekurangan kayu particle board adalah permukaan yang terbilang kasar dan juga tidak tahan lama.

Beli Tempat Tidur Terbaik di JD.ID

Ada berbagai merk tempat tidur yang bisa Anda temukan di JD.ID. JD.ID sendiri merupakan toko online ternama di Indonesia yang selalu menjamin keaslian produk yang dijual hingga 100%. Tidak hanya itu, JD.ID juga memberikan layanan terbaik untuk pembeli berupa kredit tanpa bunga hingga pengiriman gratis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.