Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga untuk Pasangan Muda

Banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pasangan muda dalam membangun kehidupan rumah tangga. Salah satunya adalah tantangan untuk mengelola keuangan atau finansial. Padahal hal ini sangatlah penting untuk dilakukan karena akan sangat menentukan masa depan Anda dan keluarga. Berikut akan dibahas seperti apa cara mengatur keuangan rumah tangga khususnya bagi pasangan muda.

Read More

Mengatur Keuangan

Bagi pasangan muda, transisi dari lajang ke status menikah mungkin membutuhkan adaptasi yang cukup sulit. Termasuk saat menghadapi pengelolaan keuangan yang tak lagi diatur sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar pengelolaan keuangan rumah tangga bagi pasangan mudah bisa berjalan efektif:

1. Ketahui Jumlah Pemasukan

Pertama, kamu harus mengetahui jumlah pemasukan yang kamu dapatkan bersama pasangan. Cari tahu dulu siapa saja yang bekerja dan berapa banyak uang yang akan diterima. Mencatat pemasukan ini sangat penting karena akan menjadi acuan utama dalam mengelola keuangan. Anda juga harus bersikap terbuka kepada pasangan agar bisa diketahui jumlah pemasukan yang akurat.

2. Selalu Gunakan Anggaran Bulanan

Usahakan untuk selalu menyusun anggaran bulanan. Anggaran ini nantinya akan menjadi acuan bagi Anda dan pasangan dalam menggunakan uang. Catat apa saja kebutuhan yang harus dipenuhi dalam waktu satu bulan tersebut. Hitung berapa banyak uang yang perlu dikeluarkan agar semua kebutuhan tadi bisa terpenuhi.

Melalui anggaran bulanan ini Anda bisa tahu apakah pemasukan Anda memadai atau tidak untuk memenuhi kebutuhan. Buatlah rencana anggaran berdasarkan prioritas dan jika pemasukan ternyata tidak memenuhi semua kebutuhan pengeluaran, maka coret dulu pengeluaran yang tidak terlalu penting. Utamakan kebutuhan yang sifatnya pokok dan tidak bisa ditunda.

3. Buat Catatan Pengeluaran

Selanjutnya silakan susun catatan pengeluaran setiap bulan. Ini sangatlah penting walaupun memang hanya di lingkup keluarga. Gunakan template khusus untuk mencatat pengeluaran bulanan. Tuliskan secara rinci apa saja jenis kebutuhan yang mengeluarkan uang. Catatan ini nantinya bisa jadi bahan evaluasi apakah dalam waktu satu bulan tersebut Anda boros atau pemakaian dana sudah efektif.

4. Siapkan Tabungan

Cara mengatur keuangan rumah tangga berikutnya adalah siapkan tabungan. Tabungan ini sangat penting untuk direncanakan sedini mungkin. Jika perlu buatlah akun rekening sendiri untuk menabung. Gunakan akun tersebut untuk menyisihkan dana darurat. Buatlah alokasi dana tersendiri agar bisa ditabung secara efektif dan tidak mudah bocor.

 

Dalam kehidupan rumah tangga, menabung ini sangat penting untuk dilakukan. Apalagi jika Anda masih pasangan muda yang belum memiliki anak. Mulailah menabung bersama pasangan sedini mungkin. Dengan menabung sejak dini maka akan jauh lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan di masa depan, terutama kebutuhan untuk anak-anak.

5. Pikirkan Investasi untuk Anak

Jangan lupa, rencanakan langkah investasi untuk anak-anak. Investasi ini juga sangat penting untuk dilakukan karena akan membuat uang Anda tersimpan dengan baik dan bisa berkembang lebih besar lagi. Mulailah membuat rencana investasi untuk anak Anda agar di masa depan kebutuhannya bisa selalu tercukupi. Pilih instrumen investasi yang tepat sesuai dengan profil risiko Anda.

 

Itulah 5 cara mengatur keuangan rumah tangga yang bisa diterapkan pasangan muda. Pastikan selalu ada komunikasi terbuka dengan pasangan mengenai pengelolaan keuangan tersebut. Anda harus berdiskusi terlebih dahulu agar pemakaian dana rumah tangga bisa efektif dan bermanfaat. Begitu juga dalam menyusun rencana pengeluaran, harus ada persetujuan dari pihak suami dan istri.

Sumber:

https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/perencanaan/cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga/

https://www.cermati.com/artikel/12-cara-atur-keuangan-rumah-tangga-dengan-gaji-kecil

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *