Mau Periksa Kehamilan Pertama Kali? Baca Dulu Panduannya di Sini, Yuk!

Begitu hasil test pack menunjukkan dua garis, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memeriksakan kehamilan untuk pertama kalinya ke dokter kandungan di sekitar Anda. Bila Anda tinggal di daerah Jakarta Anda bisa meminta rekomendasi dari orang-orang di sekitar untuk membantu memilih dokter kandungan terbaik di Jakarta yang pas dan tepat untuk Anda.

Read More

Rutin Periksa Kehamilan

Periksa kehamilan rutin ke dokter kandungan adalah langkah penting dalam perawatan prenatal atau pra-persalinan. Tujuannya adalah untuk memastikan Anda serta janin di dalam kandungan selalu berada dalam kondisi sehat di setiap milestone serta usia kehamilan.

Tak hanya itu saja, pemeriksaan kehamilan yang rutin juga akan membantu Anda serta pasangan dalam mendapatkan knowledge yang tepat terkait kondisi bayi dan persiapan persalinan pada umumnya. Apalagi jika Anda memilih untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan, yang secara umum akan memberikan bantuan besar selama Anda dan pasangan melewati masa kehamilan.

Waktu Tepat untuk Periksa Kehamilan Pertama

Dilansir dari The Asian Parent, segera gunakan test pack apabila jadwal menstruasi Anda terlambat padahal sebelumnya sikuls Anda selalu teratur. Apabila memang test pack menunjukkan hasil dua garis, dan Anda tidak mengalami pendarahan ataupun rasa sakit, segera lakukan pemeriksaan kehamilan pertama. Idealnya, pemeriksaan dilakukan paing cepat 2 minggu setelah menstruasi Anda terlambat.

Tujuan Periksa Kehamilan Pertama

Secara garis besar, pemeriksaan kehamilan pertama bertujuan untuk:

  • Menentukan Hari Perkiraan Lahir (HPL).
  • Memelajari riwayat kesehatan calon ibu.
  • Memelajari riwayat medis seluruh anggota keluarga.
  • Menentukan apakah calon ibu mempunyai faktor risiko kehamilan didasarkan pada usia, kondisi kesehatan, maupun riwayat kesehatan pribadi serta keluarga.

Umumnya, Anda tak hanya akan mendapatkan layanan konsultasi dokter pada saat periksa kehamilan pertama. Pasalnya, ada beberapa tes yang biasa diminta dokter kepada pasien yang melakukan pemeriksaan kehamilan untuk pertama kalinya. Tes-tes tersebut biasanya meliputi:

Tes darah, terutama untuk memeriksa jumlah hormon hCG atau hormon kehamilan, tes golongan darah dan screening untuk antibodi Rh, tes FBC atau hitung sel darah lengkap, dan untuk menilai risiko penyakit menular seksual.

Uji panggul seperti pap smear dan pemeriksaan internal untuk mengecek kesehatan organ reproduksi calon. Dokter biasanya juga akan sekaligus menentukan ukuran panggul dan rahim.

USG transvaginal untuk mendeteksi ukuran kantung kehamilan intrauterine dengan kantung telur dan kutub janin. Tes ini juga dilakukan untuk memeriksa kondisi kehamilan secara umum, termasuk untuk memastikan tidak ada kisa ovarium, fibroid, maupun pertumbuhan sel yang abnormal.

Selain itu, dokter biasanya juga akan mengecek suhu tubuh, tekanan darah, dan protein urin pada calon ibu di setiap kunjungan.

Itu beberapa hal yang bisa menjadi panduan Anda untuk saat akan memeriksa kandungan ke dokter. Bila Anda masih belum mendapatkan rekomendasi dokter kandungan terbaik di Jakarta, Anda bisa cek layanan pemeriksaan kandungan dari rumah sakit Pondok Indah Jakarta pada link berikut: https://www.rspondokindah.co.id/id/center-of-excellence/klinik-kebidanan-dan-kandungan. Semoga informasi ini bisa membantu, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.