Memahami Proses Operasi Lutut yang Perlu Diketahui

osteoarthritis,osteoarthritis lutut,penyakit osteoarthritis,pengobatan osteoarthritisAktivitas harian yang aman dan nyaman menjadi keinginan semua orang mulai anak-anak hingga lansia. Namun, tidak semua orang bisa menikmati aktivitas harian yang nyaman sebab mengalami masalah radang sendi. Hal ini acap terjadi pada lansia yang mengalami masalah osteoarthritis seiring usia yang semakin menua. Untuk menjaga lutut tetap bisa aman menopang berat tubuh, operasi lutut bisa saja diperlukan sewaktu-waktu.

Jenis dan Prosedur Operasi Lutut Pada Penderita Osteoarthritis

Penderita osteoarthritis yang perlu melakukan penggantian sendi, wajib tahu jenis operasi lutut pada penderita osteoarthritis sebagai berikut :

Read More

1. Operasi lutut total

Jenis operasi penggantian lutut secara menyeluruh mulai tulang lunak dan paha, tulang tempurung lutut, tulang kering, dan tulang betis yang akan diganti dengan sendi buatan yang terbuat dari campuran kobalt, krom atau titanium dan senyawa plastik yang disebut polyethylene oleh tim dokter ortopedi profesional.

2. Operasi lutut parsial

Merupakan jenis operasi penggantian sendi atau tulang yang rusak sebagian saja.

3. Operasi lutut bilateral

Merupakan jenis operasi pada kedua lutut penderita dalam waktu bersamaan. Hal ini dilakukan pada pasien yang mengalami masalah radang sendi pada kedua lutut tersebut.

4. Persiapan bedah

Dokter ortopedi akan melakukan pemeriksaan pada pasien lebih dulu dengan melihat kemampuan gerak dari lutut tersebut. Kemudian pemeriksaan sinar X-ray dilakukan untuk melihat bagian yang lutut yang rusak. Sebelum maju ke ruang bedah, Anda diwajibkan melakukan gaya hidup sehat dan tidak merokok.

5. Operasi

Prosedur operasi dilakukan oleh dokter ortopedi profesional yang akan melakukan operasi berdasarkan usia, berat badan, tingkat aktivitas fisik, ukuran dan bentuk lutut, dan kesehatan pasien secara menyeluruh.

6. Pemulihan

Bila prosedur operasi sudah berjalan dengan lancar, maka Anda tinggal melakukan pemulihan pasca operasi. Biasanya Anda akan tetap melakukan rawat inap selama kurang lebih empat hari di rumah sakit untuk penggantian satu sisi lutut saja, sedangkan dua lutut perlu waktu setidaknya tujuh hari.

Bila sudah menjalankan prosedur rawat inap sampai selesai, staf rumah sakit akan memberitahukan pada Anda hal-hal yang perlu dilakukan selama masa pemulihan tersebut. Anda boleh pulang ke rumah asal sudah melakukan janji bertemu dengan fisioterapi atau dokter bedah untuk kontrol kesehatan Anda secara rutin, ya! Obat-obatan dan latihan akan diinstruksikan sebelum Anda benar-benar pulang dari rumah sakit.

Prosedur operasi lutut di atas bisa menjadi referensi Anda yang berencana melakukan operasi penggantian sendi ini. Bila ada risiko nyeri dada atau pembengkakan pasca melakukan operasi lutut, Anda harus segera konsultasi atau datang ke dokter bedah terkait. Pilih dokter ortopedi profesional yang siap membantu mengatasi masalah radang sendi Anda yang berlarut-larut. Jadwal yang akurat, transportasi menuju ke rumah sakit hingga kunjungan perawat berkala ke rumah untuk mengecek pemulihan kesehatan Anda pasca operasi, kenapa tidak?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.