Perkembangan Bayi di Bulan Ketiga, dan Tingkah Lakunya yang Lucu

  • Whatsapp

Buat moms yang sedang memiliki bayi kecil dan sudah memasuki usia ke 3 bulan tentu saja akan mengalamai banyak sekali perubahan dari kondisi fisik, kemudian tubuh yang semakin melar pasca kehamilan, sampai dengan kondisi jiwa yang gampang marah bahkan juga timbul gejala gejala yang semuanya ini karena kondisi bayi yang rewel dan tentunya bunda dan ayah harus sering sering begadang.

Read More

Kemudian tentu juga rasa bahagia akan selalu hadir, dimana hari hari bunda semakin ramai dengan tangisan si bayi.

Sekarang kita akan bahas proses apa saja yang terjadi pada bayi pada usia 3 bulan ini, yuk simak dimana tentu saja selain mengetahui ini bunda harus tetap rajin vaksin, kontrol ya jangan sampai telat dan jaga kesehatan dan konsumsi makanan sehat serta olahraga yang teratur.

Perkembangan Bayi 3 Bulan ini salah satunya adalah bayi menjadi lebih aktif baik secara fisik maupun emosional. Karena aktivitas yang meningkat selama waktu bangun tidur yang bisa jadi tidak menentu, penting untuk memastikan dia tidak jatuh dari ranjang ya bund, maka dari itu usahakan jaga dari sisi kemanan.

Si bayi akan mulai belajar berbaring dan tengkurap, dia tidak hanya memegang kepalanya, tetapi juga bangkit dengan siku.

Setelah dua bulan, bayi memegangi kepalanya dengan baik dalam posisi tegak di lengan anda, dengan bebas memutarnya ke segala arah. Intinya pada usia ini bayi akan semakin aktif jadi bunda harus ekstra hati hati dan terus menjaga pergerakanya.

Dari tiga sampai tiga setengah bulan, mulai merasakan tangan seseorang, jari-jari menyentuh selimut dan kadang menarik rambutnya. Anak itu juga mengepalkan dan melepaskan tanganya, suka melihat telapak tangannya, dan ini sering dilakukan berkali kali.

Untuk mengembangkan keterampilan motorik halus, Anda dapat membiarkan bayi menyentuh benda-benda dengan tekstur yang berbeda: mainan lunak dan plastik, potongan kain, dan lain sebagainya jangan dibatasi biarkan saja si bayi berkreasi asalkan bunda tetap waspada.

Anak sudah bisa bereaksi terhadap bau yang menyenangkan dan tidak menyenangkan. Jika dia menyukai aromanya, maka dia tertawa, bangkit dan tersenyum. Dan jika tidak, maka bayi itu bersin, dan ekspresi tidak senang muncul di wajahnya. Dan tentu saja, dia bisa dengan mudah mengenali bau orang tuanya.

Kemudian perkembangan bayi usia 3 bulan ini juga sudah mulai dengan lancar mengikuti benda-benda yang bergerak di depannya, memeriksanya. Ia mampu melihat benda dengan ukuran kecil, jadi bunda juga harus hati hati meletakan benda jangan yang berahaya.

Kemudian dari sisi emosi juga sudah mulai berkembang si bayi akan bisa tertawa lepas kalau melihat ada yang lucu di depan matanya. Kemudian dari suara tangisan juga akan berbeda jika dicermati ada tangisan yang artinya si bayi lagi marah, takut, mau nenen, sedang ngantuk dan ini semua sanga mudah bunda pahami.

Anak tidak hanya mengamati apa yang terjadi di sekitarnya, tetapi juga mencoba menjalin kontak dengan orang lain. Dia suka berada di pelukan orang tuanya. Menarik tangan, dan tersenyum pada orang dewasa.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *