PMS Itu Apa? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini!

Anda pasti sudah sering mendengar istilah PMS. Bagi kaum wanita mungkin istilah ini sangat akrab dan sudah dipahami dengan baik. Namun bagi kaum pria, mungkin saja istilah ini masih terdengar begitu asing dan perlu dipahami lebih lanjut. Sebenarnya PMS itu apa? Mari cari tahu lebih lengkap mengenai pengertian PMS dan apa saja gejala yang ditimbulkan.

Read More

Pengertian dan Gejalanya

PMS merupakan kependekan dari Premenstrual Syndrome. Artinya, ini merupakan kondisi yang terjadi sebelum masa menstruasi tiba. Setiap wanita akan merasakan gejala PMS yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa gejala PMS yang penting untuk dipahami sehingga Anda tahu apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek dari gejala tersebut:

1. Nyeri Payudara

Gejala pertama yang cukup umum dialami wanita saat akan menstruasi adalah nyeri di bagian payudara. Umumnya bagian payudara wanita akan membesar menjelang menstruasi tiba. Selain itu payudara akan terasa nyeri ketika disentuh. Hal ini tentu saja menyebabkan munculnya rasa tidak nyaman. Nyeri ini bisa diredakan dengan kompres hangat di area payudara secara perlahan-lahan.

2. Sakit Kepala

Banyak juga wanita yang mengalami sakit kepala ketika akan memasuki masa menstruasi. Sakit kepala yang dirasakan juga bervariasi dari yang terasa ringan sampai berat. Nyeri pada kepala ini bisa muncul akibat perubahan hormon dalam tubuh. Konsumsi pereda nyeri bisa dijadikan pilihan jika sakit kepala yang dialami terasa begitu parah.

3. Kram Perut

Gejala PMS berikutnya yang juga begitu umum dialami para wanita adalah kram perut. Biasanya ketika membahas PMS itu apa, pasti sangat identik dengan kondisi kram perut. Hal ini sebenarnya sangat wajar dirasakan oleh wanita karena pada saat menstruasi, dinding rahim akan mengalami peluruhan. Proses ini disertai dengan kontraksi sehingga perut memang akan terasa sakit seperti kram.

4. Muncul Jerawat

Berikutnya ada gejala berupa munculnya jerawat yang juga cukup umum dialami oleh kaum wanita menjelang masa menstruasi. Kemunculan jerawat ini juga dianggap sangat mengganggu karena membuat tampilan wajah jadi kurang optimal. Biasanya jerawat ini akan muncul kurang lebih 1 minggu sebelum masa menstruasi tiba.

5. Emosi Tidak Stabil

Kaum pria diharap maklum dengan wanita yang akan memasuki masa menstruasi karena biasanya mereka mengalami emosi yang tidak stabil. Umumnya wanita akan merasa mudah marah, sedih, dan gelisah saat masa menstruasi akan tiba. Perasaan campur aduk ini seringkali terasa sangat menyiksa sehingga merusak mood saat beraktivitas sehari-hari.

6. Nafsu Makan Meningkat

Sebagian wanita juga akan mengalami peningkatan nafsu makan saat PMS. Biasanya hal ini terjadi karena ada perubahan metabolisme dalam tubuh. Nafsu makan yang tinggi ini biasanya harus dilampiaskan agar emosi tetap stabil. Setelah memasuki masa menstruasi, nafsu makan ini akan kembali normal seperti sedia kala.

7. Sulit Fokus

Wanita yang memasuki masa PMS juga biasanya akan kesulitan untuk fokus atau konsentrasi. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Selain itu rasa tidak nyaman juga bisa menjadi pemicu seseorang sulit konsentrasi saat masa PMS. Itulah mengapa banyak wanita yang memilih untuk tinggal di rumah dan tidak beraktivitas saat PMS.

PMS adalah salah satu kondisi yang cukup membingungkan bagi seorang wanita. Banyak rasa tidak nyaman yang harus ditanggung. Namun tetaplah tenang saat menghadapi wanita yang ada di fase PMS. Ikuti permintaannya dan berikan kenyamanan sehingga bisa melewati masa PMS dengan lancar.

Sumber:

https://www.alodokter.com/premenstrual-syndrome

https://www.alodokter.com/jangan-terkecoh-ini-cara-membedakan-pms-dan-tanda-tanda-kehamilan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.