Simak Penjelasan Rapid dan Swab Test dari SehatQ.com

  • Whatsapp

Simak-Penjelasan-Rapid-dan-Swab-Test-dari-SehatQ.com

Rapid test merupakan salah satu jenis pemeriksaan yang diperbolehkan untuk mengetahui kondisi seseorang apakah terinfeksi virus atau tidak. Bukti rapid test banyak digunakan sebagai syarat seseorang dalam bepergian ke lain daerah seperti ke luar kota atau ke luar provinsi. Anda akan diminta menunjukkan hasil rapid test sebelum menaiki transportasi umum seperti kereta api. Mendapatkan layanan rapid test ini mudah dan cepat, terlebih beragam layanan dari SehatQ.com memberikan promo untuk Anda.

Read More

Sedangkan swab test adalah tes yang bertujuan untuk mendeteksi virus corona yang dilakukan dengan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR). Test ini lebih mahal dibandingkan dengan rapid test sebab hasilnya akan menunjukkan kondisi seseorang terkena virus SARS-COV2 atau tidak.

Rapid dan Swab Test

Kedua test tersebut memiliki karakteristik masing-masing. Berikut ulasannya untuk Anda:

1. Durasi test

Berbagai stasiun besar di Indonesia membuka layanan rapid test di tempat untuk penumpang yang belum mendapatkan surat keterangan sehat atau hasil rapid test sebagai syarat bepergian menggunakan kereta api.

Layanan rapid test ini tidak menunggu waktu yang lama, Anda hanya membutuhkan 10-15 menit untuk mendapatkan hasil dari test Anda. Sehingga tidak masalah bagi Anda apabila melakukan pemeriksaan mendadak ketika tiba di stasiun.

Hal ini berbeda dengan swab test yang membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan rapid test. Hasil dari pemeriksaan menggunakan metode swab test membutuhkan hitungan jam bahkan hari untuk mengetahui hasilnya. Itulah sebabnya Anda harus mempertimbangkan waktu melakukan swab test dengan tanggal keberangkatan bepergian Anda. Anda bisa booking terlebih dahulu di SehatQ.com atau dokter langganan Anda.

2. Sampel yang digunakan

Saat melakukan rapid test dan swab test Anda harus menyampaikan gejala lain yang Anda rasakan. Rapid test akan menggunakan sampel berupa darah yang diambil dari salah satu jari tangan. Anda tidak perlu khawatir merasa sakit saat diambil darah, rasanya hanya seperti digigit semut. Jumlah IgG dan IgM pada darah akan menjadi indikasi terinfeksi virus atau tidak.

Sedangkan swab test akan menggunakan sampel berupa lendir yang diambil dari tenggorokan ataupun hidung. Sebab apabila virus corona masuk ke dalam tubuh maka virus tersebut akan menempel pada tenggorokan bagian dalam dan hidung.

3. Hasil test

Ada dua kemungkinan apabila seseorang melakukan kedua test tersebut yaitu positif atau negatif. Tetapi dalam rapid test dibutuhkan waktu hingga 7 hari untuk membentuk antibodi dalam darah sehingga apabila terpapar virus hari ini dan Anda menjalani test keesokan harinya maka hasilnya negatif palsu (false negative).

Selain itu ada dua kemungkinan lagi apakah virus yang menginfeksi tubuh Anda itu virus Covid-19 atau virus yang lainnya seperti demam berdarah.

Kedua penjelasan di atas jelas menunjukkan bahwa swab test adalah solusi terbaik untuk mengetahui seseorang terkena virus SARS-COV2 atau tidak. Pemeriksaan ini menggunakan metode PCR yang akan mencocokkan DNA atau RNA virus. Sehingga sampel dari swab test yang berupa lendir tadi akan digandakan atau direplikasi sebanyak mungkin.

Anda bisa menggali informasi dari internet terkait dengan harga kedua test tersebut dan lokasi untuk melakukan pemeriksaan test. Cari dokter yang memang terverifikasi untuk melakukan test. Anda juga bisa menggunakan layanan drive-thru rapid test Covid-19 dari SehatQ.com yang saat ini sedang promo. Lakukan salah satu test demi kebaikan Anda dan keluarga, ya.

Selain itu, apabila Anda merasakan gejala-gejala Covid-19, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter melalui fitur Chat Dokter dari SehatQ.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *